Minggu, 29 Mei 2011

Kenangan 26 Tahun Tragedi Heysel

Juventus mengenang 26 tahun kejadian tragedi Heysel dan mengungkapkan banyak penghargaan pada para korban di stadion baru Juventus.


Pada 29 Mei 1985 lalu pada Final Piala Champions antara Juventus vs Liverpool dicap sebagai salah satu tragedi terburuk dalam sejarah olahraga.

Tragedi bermula kala para pendukung Liverpool berhasil merobohkan tembok pembatas Stadion Heysel yang terletak di Brussel sebelum kick-off dan memulai kericuhan dengan para pendukung Juventus. Tercatat 39 orang meninggal dan lebih dari 600 orang mengalami luka ringan hingga berat. Korban terbanyak adalah dari pendukung Juventus. 

Juventus yang berhasil memenangkan pertandingan dan menjadi juara mendedikasikan piala tersebut untuk para pendukung Juventus yang tewas. Namun bagaimanapun, dibalik kemenangan tersebut, tragedi tersebut tetap menjadi sejarah kelam dalam perjalanan Juventus.

Manajemen Juventus telah mengkonfirmasikan bahwa akan ada beberapa penghargaan kepada para korban yang tewas di sekeliling bintang milik Gaetano Scirea yang merupakan kapten Juventus saat itu. Nantinya akan ada beberapa bintang kecil yang bertuliskan nama para 39 korban yang tewas.


Museum milik Juventus yang secara resmi akan dibuka pada 2012 nantinya akan menyediakan ruangan khusus untuk mengenang tragedi Heysel. Untuk para keluarga para korban tewas akan diberikan akses bebas untuk memasuki area Museum.

0 Komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More