Jumat, 10 Juni 2011

Seri Perjalanan Bintang #1 : Giampiero Boniperti

Mulai hari ini, kita akan melihat sebuah awal dari sebuah perjalanan yang luar biasa yaitu "Perjalanan Melintasi Bintang". Juventus.com akan memperkenalkan 50 legenda Juventus pilihan para fans, dimana nama-nama mereka akan disematkan di stadion baru Juventus. Pemain pertama yang akan dipaparkan adalah seorang pria, yang lebih dari siapapun, gambaran dari semangat Juventus: Giampiero Boniperti.

Boniperti berasal dari Piedmont, lahir di Barengo (sebuah provinsi di Novara) pada 4 juli 1928. Dia menghabiskan seluruh karirnya hanya untuk Juventus: pertama sebagai pemain dan sebagai direksi.

Dia datang ke Juventus ketika usianya baru saja beranjak 18 tahun, di hari setelah perang dunia ke-2 berakhir. Musim 1946/47 adalah musim pertamanya dari 15 musim beruntun dia berseragam hitam dan putih.
Dia membantu mengembalikan kejayaan Juventus, memberikan seluruh kemampuannya hingga tahun 1961, tahun dimana dia tampil untuk terakhir kalinya.

Selama dia menjadi pemain, Juventus memenangkan 5 Scudetto dan 2 Coppa Italia. Boniperti berhasil menorehkan 179 gol, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak kedua Juventus setelah Alessandro Del Piero. Dia adalah sensasi sebenarnya, dengan torehannya tersebut dia masuk menjadi 125 pemain terbaik sepanjang masa FIFA.

Boniperti menjadi terbiasa menang, dan hal tersebut berlanjut ketika dia menjadi direksi. Dipilih sebagai presiden Juventus pada 1971, dibawah rezimnya, Juventus menjadi tim yang lebih dihormati dan ditakuti pada era 70-80an. Tidak hanya di Italia namun juga Eropa bahkan Dunia. Dia kini berusia hampir 83 tahun dan telah melihat cucunya Fillippo Boniperti membuat debut bersama dengan tim senior Juventus di musim ini. Nama Giampiero Boniperti masih menjadi legenda hingga hari ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More